Fakultas Teknologi Kedirgantaraan – Pengabdian Kepada Masyarakat – Mobile Aeronautics Laboratory

MOBILE AERONAUTICS LABORATORY

          Fakultas Teknologi Kedirgantaraan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (FTK) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Mobile Aeronautics Laboratory, dengan tujuan mengenalkan teknologi penerbangan melalui praktikum fisika kepada siswa/i SMA. Materi fisika yang dipilih untuk praktikum sesuai materi pelajaran fisika SMA dan terdapat penerapannya di dunia penerbangan.

Peserta praktikum fisika diutamakan adalah siswa/i kelas XI IPA karena materi fluida dinamis yang paling terkait dengan dunia penerbangan diajarkan di kelas XI. Namun demikian, materi praktikum fisika dibuat bisa dipahami oleh kelas X dan kelas XII, bahkan oleh siswa IPS. Praktikum diawali dengan penyampaian teori dasar secara singkat menggunakan media poster, dilanjutkan dengan praktek menggunakan alat dan bahan sekaligus mengisi lembar kerja. Praktikum dirancang dapat dilakukan dalam waktu singkat dan terdiri dari sepuluh (10) jenis materi berbeda. Metode ini diharapkan dapat membuat peserta praktikum lebih mengerti dan memahami materi fisika dengan melakukan (learning by doing), mendapat sekaligus beberapa materi dalam waktu singkat, dan mencegah siswa jenuh atau bosan saat praktikum.

Materi fisika yang dipilih adalah : getaran, resonansi, efek coanda, hukum Bernoulli, gaya angkat dan gaya hambat, struktur honeycomb, beban impact, struktur pelat berlubang, struktur berlipat, dan keseimbangan gaya dan momen. Alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum sebagian besar mudah diperoleh, murah, dan praktis, seperti pesawat kertas, kertas HVS, kertas karton, selang dan pipa akuarium, plumb bangunan, pelat alumunium, dan pelat seng. Hanya smoke tunnel dan wind tunnel yang merupakan alat yang perlu dibuat khusus.

              I. MADRASAH ALIYAH SAHID, BOGOR.

Kegiatan PKM di Madrasah Aliyah Sahid, Bogor, dilaksanakan pada tanggal 29 November 2022. Peserta praktikum adalah santri kelas XI IPA dan IPS yang dibagi menjadi 10 kelompok. Para santri sangat bersemangat dan antusias dengan kegiatan PKM yang diadakan oleh FTK.

Gambar 1. Foto Bersama dengan Madrasah Aliyah Sahid.

Madrasah Aliyah Sahid sangat mendukung kegiatan PKM FTK. Selain jamuan makan yang luar biasa, tour keliling lingkungan sekolah, berbagai macam souvenir sebagai oleh-oleh, juga memberikan Piagam Penghargaan kepada Tim PKM.  Kegiatan praktikum yang berlangsung dari pukul 13:30 hingga pukul 16:30 masih dirasa kurang oleh sebagian besar santri. Kegiatan praktikum diakhiri dengan door prize untuk santri yang dapat menjawab pertanyaan, tak lupa foto bersama sebelum Tim PKM undur diri.

                                   

                             

                             

Gambar 2. Kegiatan PKM dengan Madrasah Aliyah Sahid.

 

              II. SMA BINTARA, DEPOK.

Kegiatan PKM di SMA Bintara Depok dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 01 Desember 2022 untuk kelas X dan kelas XI IPA, dan tanggal 02 Desember 2022 untuk kelas XII IPA dengan materi sama seperti kegiatan PKM di sekolah sebelumnya. Salah satu hal menarik pada saat praktikum adalah struktur honeycomb yang dibuat dari kertas HVS terbukti mampu menahan beban lebih dari 100 kg. Setelah praktikum para siswa juga diberikan kuesioner seperti sekolah sebelumnya untuk mengetahui respon dan saran dari siswa/i SMA Bintara Depok tentang pelaksanaan kegiatan PKM.  Souvenir juga diberikan sebagai doorprize untuk siswa yang mengajukan pertanyaan pada saat penutupan acara.

                                 

Gambar 3. Foto Bersama dengan SMA Bintara.

                                 

                                 

                                 

                                 

Gambar 4. Kegiatan PKM dengan SMA Bintara.

 

              III. SMAK IGNATIUS SLAMET RIYADI, CIJANTUNG.

Kegiatan PKM di SMAK Ignatius Slamet Riyadi dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 06 dan 09 Desember 2022 untuk siswa/i SMA kelas XI IPA1 dan IPA2. Materi praktikum yang disampaikan masih sama seperti sekolah sebelumnya dengan sedikit penyesuaian karena waktu praktikum lebih terbatas. Siswa/i cukup antusias dan semangat mengikuti praktikum meskipun tidak semua materi praktikum sempat dicoba.  

Gambar 5. Foto Bersama dengan SMA Ignatius Slamet Riyadi.

                                             

                                 

Gambar 6. Kegiatan PKM dengan SMA Ignatius Slamet Riyadi.

              IV. SMA 109, JAKARTA.

Kegiatan PKM di SMAN 109 Jakarta dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada tanggal 19 Januari 2023 untuk siswa/i SMA kelas XI peminatan IPA yang dibentuk menjadi 8 kelompok terdiri dari 4 siswa/i. Materi praktikum yang disampaikan masih sama seperti sekolah sebelumnya dengan perubahan pada materi kekuatan struktur yang digabung pelaksanaannya agar lebih efisien. Siswa/i semangat mengikuti praktikum dan aktif berdiskusi mengenai materi praktikum. Setiap kelompok rata-rata mendapat kesempatan praktikum 6 dari 8 materi yang direncanakan.

Gambar 7. Foto Bersama dengan SMA 109.

                             

                             

Gambar 8. Kegiatan PKM dengan SMA 109.

 

Tim PKM diketuai oleh Dekan FTK Ir. Freddy F, M.M dan didukung oleh Ketua Prodi Teknik Penerbangan Endah Yuniarti, SSi, MSC dan dilaksanakan oleh 9 Dosen FTK yaitu Mufti Arifin ST, MT, Amat Chaeroni ST, MT, Syarifah Fairuza ST, MT, Ayu Martina ST, MT, Budi Aji ST, MT, M. Hadi Widanto ST, MT, Rafika Arum Sari ST, MT, Cynthia R., SSi, MSi (Han), Dendra Bradikta, ST, 1 staf FTK yaitu Lani Florian S.Kom, 3 alumni yaitu Gusti Aryani ST, Tia Kartika ST, dan Rega Anugrah AMd, dan 1 mahasiswa yaitu Adam Syahri A.M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.