Fakultas Teknologi Kedirgantaraan – Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat dalam Kegiatan Praktikum

Dalam rangka antisipasi penyebaran virus covid-19, pemerintah telah menyusun protokol kesehatan yang akan dijalankan oleh sejumlah instansi sesuai dengan bidangnya masing masing, salah satunya kampus UNSURYA.

Menjelang pergantian tahun ajaran baru, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan sejumlah panduan terkait kegiatan akademik di lingkungan perguruan tinggi. Salah satu kebijakan beliau terkait penyelenggaraan tahun akademik baru adalah mengizinkan pelaksanaan prioritas jika memenuhi protokol kesehatan dan kegiatan lainnya yang tidak dapat dilakukan secara daring seperti penelitian di laboratorium dan praktek dengan memenuhi protokol kesehatan secara ketat.

Fakultas Teknologi Kedirgantaraan pun mengikuti aturan protokol kesehatan dalam hal praktikum mengingat program studi Teknik Penerbangan dan Teknik Aeronautika banyak sekali praktikum untuk memenuhi sks yang sempat tertunda karena bencana berskala nasional non-alam yaitu virus covid-19.

Gambar.1. Social Distancing yang diterapkan saat praktikum hangar

Dalam hal ini, FTK telah menyiapkan beberapa hal untuk memenuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah. Protokol yang telah disiapkan oleh FTK adalah dengan meminta para mahasiswa yang melaksanakan praktek untuk memakai masker, lalu fakultas juga menyediakan hand sanitizer dan face shield yang mana tiap mahasiswa diminta untuk memakai hand satinizer dan face shield sebelum memasuki laboratorium/hangar untuk praktek. Kemudian, setelah memakai hand sanitizer, face shield, dan masker, mahasiswa di cek suhu tubuhnya sebelum memasuki laboratorium/hangar oleh laboran/instruktur. Apabila diatas 37oC maka mahasiswa tersebut tidak di izinkan untuk mengikuti praktikum. Social distancing juga diberlakukan oleh fakultas dengan menerapkan jarak kurang lebih 1 meter dan membatasi mahasiswa yang ingin memasuki laboratorium/hangar dengan menerapkan sistem jadwal bergelombang dan dibatasi tiap 1 kelompoknya.

Gambar 2. Pengecekan suhu yang dilakukan oleh laboran sebelum memasuki laboratorium

 

Gambar 3. Pemakaian masker dan face shield selama mengikuti praktikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.