Mufti Arifin, S.T., M.T.
(Ketua Program Studi Teknik Penerbangan)
VISI
Menjadi program studi unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedirgantaraan.
MISI
1. Meningkatkan intelektualitas dan moral masyarakat Indonesia dalam berpikir dan bersikap dalam tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendukung pembangunan nasional.
2. Memberikan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat dengan peningkatan kualitas dan fasilitas proses belajar sehingga menjadi modal manusia (human capital) yang unggul di bidang kedirgantaraan nasional khususnya di bidang pemeliharaan pesawat terbang dan mampu bersaing di kawasan Asia Pasifik.
3. Meningkatkan mutu dan ragam penelitian di bidang teknik dirgantara sehingga menjadi pusat pengembang ilmu pengetahuan, inovasi dan aplikasi teknologi.
4. Memberikan kontribusi positif kepada Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma dan alumni.
TUJUAN
1. Meluluskan sarjana di bidang penerbangan yang:
-
- mempunyai paradigma berpikir yang intelek, bermoral dan berjiwa pemimpin.
- mempunyai sikap dan kebiasaan yang mencerminkan dunia penerbangan yang berteknologi tinggi, standar keamanan tinggi dan berkelas.
- mempunyai peran aktif dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, khususnya bidang kedirgantaraan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat.
2. Mendukung ketersediaan perangkat pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bidang kedirgantaraan.
=====================================================================================================
Program Studi Teknik Penerbangan Unsurya berkomitmen menghasilkan lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan industri kedirgantaraan nasional maupun internasional, yaitu sebagai Aerospace engineering pesawat terbang yang dapat menjadi bagian dari tim pendukung rancang bangun pesawat terbang, perencana pemeliharaan pesawat terbang dan pendukung operasional penerbangan yang mengacu pada standar internasional untuk program Next Generation Aviation Professional, serta mampu berperan secara positif sebagai bagian dari masyarakat.
Program Studi Teknik Penerbangan, Fakultas Teknologi Kedirgantaraan, disahkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0295/O/1989. Teknik Penerbangan menjalankan program pendidikan tinggi dengan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang berada pada Level 6 Kerangka Nasional Pendidikan Tinggi, yang tertuang pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.3 Tahun 2020, dengan pendekatan berbasis kompetensi dan penerapan Student Center Learning.
Profil Lulusan
Berdasarkan pasar kerja lulusan (market signal) dan distribusi alumni di masyarakat yang diperoleh dari tracer study, maka dirumuskan Profil Lulusan Program Studi S1 Teknik Penerbangan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma seperti pada Tabel 1.
Tabel 1. Profil Lulusan dan deskripsinya
No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 | Perancang Bangun Pesawat Terbang | Sarjana Teknik Penerbangan yang memiliki pengetahuan tentang desain pesawat terbang, propulsi, struktur ringan, toleransi kerusakan struktural pesawat, dan keterampilan analisis numerik, analisis struktur utuk implementasikan di industri manufaktur, industri produk aeronautika dan pengembangan sistem pesawat terbang tanpa awak (PTTA) sesuai dengan regulasi |
PL2 | Perencana Pemeliharaan Pesawat Terbang | Sarjana Teknik Penerbangan yang memiliki pengetahuan tentang sistem, struktur dan propulsi pesawat terbang dan keterampilan untuk perencanaan pemeliharaan pesawat terbang, analisis kehandalan pemeliharaan, dan analisis keselamatan penerbangan di industri pemeliharaan pesawat terbang (MRO) sesuai dengan regulasi. |
PL3 | Pendukung Operasional Penerbangan | Sarjana Teknik Penerbangan yang memiliki pengetahuan tentang performa pesawat terbang, system transportasi udara, operasional maskapai dan bandara dan keterampilan untuk pemodelan dan analisis transportasi udara, analisis sistem bandara, konservasi bahan bakar maskapai, analisis biaya dan pendapatan maskapai, studi perencanaan armada maskapai, pemodelan dan simulasi lalu lintas keberangkatan/kedatangan di bandara. |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Ketercapaian profil lulusan seperti yang diharapkan dapat dicirikan dengan kompetensi yang dimiliki setelah melalui proses pembelajaran. Kompetensi lulusan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dinyatakan dalam bentul Capaian Pembelajan Lulusan (CPL) yang didefinisikan sebagai kemampuan akhir yang diharapkan melalui internalisasi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Program Studi secara berkelanjutan melakukan evaluasi secara berkala untuk menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan kompetensi yang sesuai.
Capaian pembelajaran lulusan untuk S1 Prodi Teknik Penerbangan salah satunya ditentukan berdasarkan KKNI Level 6 yaitu “lulusan sarjana harus menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan tersebut secara mendalam” terutama untuk unsur pengetahuan dan keterampilan khusus. Selain berdasarkan KKNI, capaian pembelajaran lulusan harus mengandung unsur sikap dan keterampilan umum yang sudah diatur dalam SN-Dikti. Berdasarkan analisis terhadap pekerjaan alumni prodi Teknik Penerbangan dan untuk mengakomodasi permintaan dan kebutuhan dari para pengguna lulusan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kompetensi yang relevan dan capaian hasil pembelajaran yang diharapkan dari prodi S1 Teknik Penerbangan, maka dirancang dan diformulasikan Capaian Pembelajaran Lulusan dalam 4 unsur yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan (umum dan khusus) seperti yang terlihat pada Tabel 2.
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |
Sikap | ||
S1
S2 S3
S4
S5 S6 S7 S8 S9 S10 |
§ bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
§ menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; § berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; § berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; § menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; § bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; § taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; § menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; § menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan § menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
Ketrampilan Umum | ||
KU1
KU2
KU3
KU4 KU5
KU6
KU7 KU8
KU9
|
§ Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
§ Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; § Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; § Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; § Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; § Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; § Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; § Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan § Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
Ketrampilan Khusus | ||
KK1
KK2
KK3 KK4
KK5
KK6 KK7 KK8 KK9
|
§ Mampu menerapkan teori matematika, ilmu alam dan prinsip-prinsip rekayasa ke dalam prosedur dan praktek teknik (technical practice) untuk menyelesaikan masalah operasional dan pemeliharaan (maintenance) pesawat udara;
§ Mampu melakukan identifikasi, informasi teknis, dan analisis data untuk memenuhi persyaratan kelaikan udara (airworthiness) dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah keamanan, kesehatan kerja dan lingkungan; § Mampu merencanakan pemeliharaan pesawat terbang dan analisis kehandalan pemeliharaan di industri pemeliharaan pesawat terbang (MRO) § Mampu menerapkan manajemen pemeliharaan (maintenance management) pada maskapai (CASR 121/135) atau organisasi pemeliharaan (CASR 145) dan ICAO 7192; § Mampu melakukan perhitungan awal perencanaan penerbangan (flight plan), analisis runway, dan konsumsi bahan bakar menurut rute dan payload dalam operasional penerbangan. § Mampu membuat model untuk menyelesaikan masalah rekayasa pesawat terbang dengan metode numerik; § Mampu menganalisis struktur dan menghitung toleransi kerusakan struktural pesawat § Mampu merancang bangun sistem pesawat terbang tanpa awak (PTTA) sesuai dengan regulasi § Mampu menggunakan teknologi komputer dan peralatan bantu mutakhir lainnya serta mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis dalam pemeliharaan (maintenance) pesawat udara. |
|
Pengetahuan | ||
PP1
PP2
PP3 PP4
PP5
PP6 PP7 PP8 PP9 |
§ Menguasai konsep teoritis secara umum teori matematika dan ilmu alam serta prinsip-prinsip rekayasa yang diperlukan dalam pelaksanaan operasional dan pemeliharaan (maintenance) pesawat udara sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Penerbangan Sipil Internasional (Articles dan Annexes) yang dikeluarkan ICAO, UU No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan dan CASR (Civil Aviation Safety Regulation);
§ Menguasasi konsep teoritis propulsi, struktur dan sistem pesawat terbang secara mendalam yang berkaitan dengan perancangan dan pemeliharaan (maintenance) pesawat udara; § Menguasasi konsep manajemen pemeliharaan (maintenance management) terutama Maintenance Program, Reliability Center Maintenance; § Memahami prinsip dan tata cara kerja bengkel atau studio, kegiatan laboratorium, serta pelaksanaan safety management system secara umum dan khususnya pada industri pemeliharaan (maintenance) pesawat udara untuk memenuhi kriteria kelaikan udara (airworthiness) melalui kegiatan praktek dan praktikum; § Menguasasi konsep teoritis kebutuhan operasional maskapai dan bandara, rute penerbangan, payload-range, performa pesawat transport, dan perhitungan biaya operasional (operating cost). § Menguasai konsep teoritis metode numerik secara mendalam yang berkaitan dengan masalah rekayasa pesawat terbang; § Menguasai konsep desain struktur pesawat terbang § Mengetahui perkembangan teknologi terbaru mutakhir dan material maju di bidang rekayasa § Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis khususnya dalam lingkup pemeliharaan (maintenance) pesawat udara. |